Tidur Siang? Sebaiknya Berapa Lama?

04 Oct 2021 | Olahraga dan Gaya Hidup Sehat | Kesehatan Mental

Beberapa perusahaan besar seperti Google dan Nike memiliki sebuah lounge untuk karyawannya tidur siang. Jika perusahaan besar saja menetapkan regulasi tidur siang untuk meningkatkan performa kerja pekerjanya, benarkah tidur siang itu bermanfaat?

Tidur siang tentunya dapat meningkatkan kewaspadaan, meningkatkan memori, dan memaksimalkan kerja otak Anda untuk bekerja. Tidur juga merupakan waktu dimana tubuh Anda mengeluarkan toksin yang sudah terbentuk selama Anda bangun. Tidur siang juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga Anda tidak mudah jatuh sakit. Beberapa studi juga menyebutkan tidur siang dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah. Akan tetapi, efek terhadap risiko penyakit jantung dan pembuluh darah masih harus diteliti lebih lanjut karena penelitian yang ada masih terbatas.

Apakah semua orang butuh tidur siang? Tentu tidak. Jika Anda adalah penderita insomnia, sebaiknya hindari tidur siang. Tidur siang akan membuat penderita insomnia semakin merasakan kesulitan untuk tidur di malam hari. Jika Anda merasa tetap segar dan tidak mengantuk di siang hari serta memiliki waktu tidur yang cukup di malam hari, Anda juga tidak membutuhkan tidur siang. Kebutuhan tidur minimal dalam satu hari untuk orang dewasa adalah selama 7 jam. Beberapa orang mungkin tidak dapat memenuhi waktu minimal tersebut di malam hari. Saat waktu tidur Anda kurang, Anda mulai merasa lelah dan menguap di siang hari, sulit untuk memproses informasi dan performa kerja Anda mulai menurun, tidur siang dapat memberikan manfaat untuk Anda.

Lama waktu untuk tidur siang juga harus diperhatikan. Jika waktu tidur siang Anda salah, bukannya merasa segar, justru Anda akan semakin merasa lelah dan mengantuk. Mengapa demikian?

Tidur memiliki tahapannya tersendiri. Mulai dari fase tidur ringan hingga Anda terlelap. Anda membutuhkan waktu lebih dari 30 menit untuk mulai masuk dalam fase tidur lelap. Fase tidur lelap ini akan berlangsung selama 90 menit. Jika Anda terbangun di fase tidur lelap ini, Anda akan merasa lemas dan mengantuk. Fase inilah yang harus dihindari atau jika sudah terlanjur masuk, maka Anda harus menyelesaikan fase ini selama 90 menit. Oleh sebab itu, anjuran waktu untuk tidur siang adalah 20-30 menit. Cobalah tidur siang pada jam 1-3 sore. Jam tersebut adalah jam dimana temperatur tubuh Anda menurun dan hormon tidur melatonin mulai meningkat. Jam ini adalah jam yang baik untuk tidur siang tanpa mengganggu tidur malam Anda.

Oleh: dr. Mellisa Noviyanti