Teknologi Bone Scan

31 Aug 2020 | Otot, Tulang, dan Sendi | Pemeriksaan Diagnostik

Teknologi dalam dunia kedokteran menjadi sangat modern dari hari ke hari. Banyak hal yang diciptakan oleh para saintis dalam membantu dokter menegakkan suatu penyakit. Salah satu yang paling canggih saat ini adalah bone scan.

Apa itu bone scan?
Bone scan merupakan salah satu pemeriksaan yang dilakukan untuk menilai dan mendiagnosa beberapa penyakit tulang yang tidak terlihat dari foto rontgen. Penggunaan bone scan dapat dinilai dari parameter “hot spot” pada tulang yang menandakan bahwa terdapat suatu proses aktif pada tulang.

Apa saja yang bisa diperiksa pada bone scan?
Bone scan bisa digunakan untuk diagnosis penyakit seperti: patah tulang, radang sendi, kanker dan kerusakan daripada tulang.

Apa yang dapat menjadi efek samping dari bone scan?
Setiap teknologi penyinaran menggunakan alat scan akan menyebabkan radiasi pada tubuh. Pada bone scan terdapat radiasi yang besarnya tergantung pada tracer yang digunakan. Namun lebih kecil dari CT scan.

Apa yang perlu dipersiapkan ketika ingin melakukan bone scan?
Mempersiapkan bone scan tidak perlu menyiapkan hal - hal seperti puasa ataupun meminum cairan tertentu. Yang terpenting adalah jangan sampai meminum cairan kontras yang dapat mengaburkan hasil bone scan. Sebelum melakukan bone scan disarankan untuk melepas perhiasan atau aksesoris logam pada seluruh tubuh.Penggunaan bone scan tidak peruntukkan untuk ibu hamil karena dapat memberikan efek radiasi yang dihasilkan bone scan.

Bagaimana cara kerja bone scan?
Bagaimana proses pengambilan gambar dilakukan dengan memasukkan tracer/ pelacak ke dalam tubuh. Kemudian dilihat area yang lebih terang di area tersebut yang menandakan adanya suatu kerusakan pada jaringan.

Pemeriksaan bone scan terdiri dari dua tahap yaitu injeksi dan pindai. Pada tahap injeksi dokter akan memasukkan contrast yang akan dibiarkan selama 2-4 jam agar dapat terabsorbsi pada tulang. Lalu, dokter tersebut akan memasukkan camera-tracer untuk mengambil gambar. Proses ini diperkirakan memakan waktu sekitar satu jam.

Pemeriksaan bone scan diketahui tidak memberi efek samping. Eliminasi dari bahan radioaktif terjadi setelah 2 hari.

Setelah test maka hasil akan dikonsulkan kepada dr Radiologi untuk menentukan area yang terdapat kelainan seperti “cold spot and hot spot“ yang menandakan suatu reaksi radang pada area yang mengalami gangguan.

Oleh: dr. Dave Kennedy