Seberapa Sehatkah Fungsi Ginjal Anda?

18 Jun 2020 | Ginjal dan Saluran Kemih | Diabetes dan Penyakit Tiroid | Pemeriksaan Diagnostik

Ginjal merupakan organ yang memiliki peran sangat penting dalam tubuh. Setiap manusia memiliki ginjal sepasang, terletak pada bagian punggung bawah (flank area). Berukuran sekitar 10-12cm, ginjal terdiri dari struktur yang lebih kecil yaitu nefron. Nefron-nefron ini yang memiliki fungsi untuk menyaring darah, dan membuang zat-zat beracun atau air yang berlebih melalui air kencing. Dalam satu hari ginjal dapat memproduksi sekitar 1,5 L urin. Jika ginjal tidak berfungsi dengan baik, maka proses eliminasi ini akan terganggu, sehingga terjadi penumpukan zat-zat yang berbahaya dalam tubuh.

Untuk mengetahui seberapa sehatkan ginjal Anda dapat dilakukan pemeriksaan untuk menilai laju filtrasi glomerolus atau GFR (Glomerolus Filtration Rate). GFR memiliki arti jumlah darah yang difiltrasi tiap menit oleh glomerolus, di mana glomerolus merupakan bagian lebih kecil lagi dari sebuah nefron. GFR seseorang dapat diperoleh melalui perhitungan untuk menentukan eGFR atau estimated Glomerolus Filtration Rate. Beberapa laboratorium dapat langsung menentukan nilai eGFR seseorang, ataupun dapat dihitung dengan sebuah rumus dengan mempertimbangkan umur, jenis kelamin, ras dan nilai kreatinin dalam darah. Kreatinin merupakan produk sisa dari pemecahan otot dalam tubuh. Nantinya akan didapatkan hasil eGFR berupa angka, di mana semakin rendah angka semakin buruk pula fungsi ginjal.

Pada dewasa nilai eGFR yang normal adalah >90, namun dapat berbeda bergantung pada kelompok usia yang berbeda. Selain itu, nilai GFR dapat berubah bergantung pada aktifitas/olahraga, kehamilan, keadaan obesitas, penggunaan obat darah tinggi ataupun pada penyakit ginjal. Angka eGFR pun dapat menunjukkan seberapa parah kerusakan ginjal yang Anda alami.

Selain pemeriksaan eGFR, pemeriksaan lain yang dapat dilakukan adalah ultrasound atau CT Scan untuk melihat struktur ginjal yang bermasalah, ataupun dengan biopsi untuk mengambil jaringan ginjal untuk diperiksa lebih lanjut.

Pentingnya mengetahui fungsi ginjal, karena pada tahap awal kerusakan ginjal mungkin tidak akan muncul gejala-gejala. Jika sudah berlanjut maka mungkin akan ditemukan gejala seperti mual, muntah, tekanan darah tinggi, bengkak ataupun sesak. Pemeriksaan terutama bermanfaat untuk Anda dengan penyakit diabetes, darah tinggi, gangguan kencing seperti sumbatan akibat batu atau prostat ataupun infeksi saluran kencing, dan Anda yang memiliki riwayat keluarga gangguan ginjal. Semoga bermanfaat.

Oleh: dr. Jessica Zhang