Rasa Kesetrum di Tangan Saat Kejedot, Bahayakah Itu?

14 Sep 2020 | Otot, Tulang, dan Sendi | Otak dan Saraf

Pernahkah anda merasa ketika anda sedang beraktivitas, tanpa sengaja siku anda menyinggung area ujung meja seringkali timbulnya sensasi seperti kesetrum di area siku? Hal ini terkadang menjadi sangat mengganggu bagi kita. Sensasi seperti kesetrum ini timbul dalam waktu beberapa detik lalu hilang. Setelah itu anda dapat beraktivitas seperti sedia kala. Sebenarnya apakah sensasi kesetrum itu, kenapa seseorang dapat mengalami sensasi seperti itu? 

Area lengan manusia memiliki struktur yang sangat kompleks, struktur tersebut terdiri dari gabungan beberapa sistem seperti sistem saraf, otot, tulang dan beberapa jaringan ikat tambahan yang menyokong struktur yang ada di area lengan. Sistem ini bekerja secara simultan untuk memberikan sensasi raba, nyeri, tekanan, panas, dingin dan gerakan yang efektif bagi lengan untuk menjalankan fungsi yang efektif dan maksimal. 

Bagian lengan dipersarafi oleh beberapa komplek saraf yang turun dari area leher menuju ke area siku hingga telapak tangan. Saraf ini terbagi menjadi 2 bagian besar berdasarkan fungsi, yaitu motorik dan sensorik. Persarafan motorik berperan untuk gerakan dan sensorik untuk sensasi raba dll. Secara struktural komponen saraf ini terbagi lagi menjadi bagian - bagian kecil yang berfungsi dalam mempersarafi lengan atas, lengan bawah, pergelangan dan jari-jari. Masing - masing saraf berjalan dari area lengan atas melewati siku dengan lokasi yang berbeda-beda. Ada yang letaknya di bagian dalam dan ada yang di permukaan. Salah satu saraf yang terletak di permukaan adalah saraf ulna.

Posisi saraf ulna yang terletak di permukaan membuatnya menjadi salah satu saraf yang rentan terhadap adanya tekanan dari luar. Lokasi dari saraf ini hanya dilindungi oleh jaringan kulit dan lemak berbeda dengan saraf lain yang letaknya lebih dalam. Ketika seseorang dengan tidak sengaja menyinggung area ujung meja, maka tekanan ini secara mendadak akan merangsang saraf ulna ini dan menyebabkan terjadinya proses transmisi sinyal listrik di area tersebut. Hal ini yang memberikan sensasi seperti kesetrum di area siku.

Apakah hal ini berbahaya?

Tidak. Hal ini bukanlah sesuatu yang berbahaya dan lazim terjadi di semua orang. Selama fungsi gerak dan sensasi seseorang tidak terganggu, berarti hal ini tidak membutuhkan penanganan medis lebih lanjut.

Oleh: dr. Dave Kennedy