Radang Tenggorokan dan Amandel : Sama atau Berbeda ?

22 Feb 2022 | Telinga, Hidung, dan Tenggorokan (THT)

Walaupun kedua penyakit ini terjadi pada area yang sama, radang tenggorokan dan radang amandel merupakan dua kondisi yang berbeda, walaupun pada beberapa kasus sering terjadi bersamaan. Radang tenggorokan dalam istilah medis disebut dengan faringitis, dimana kondisi peradangan pada faring, sedangkan amandel (tonsil ) yang mengalami peradangan disebut dengan tonsillitis. Seseorang, terutama anak-anak, dapat mengalami peradangan dan infeksi pada faring dan tonsil dalam waktu yang bersamaan. Kondisi ini disebut dengan istilah tonsilofaringitis.

Faringitis merupakan peradangan yang terjadi pada sebuah lapisan yang melapisi bagian belakang dari tenggorokan anda. Peradangan ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, rasa kering pada tenggorokan dan kesulitan / nyeri menelan. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, faringitis lebih sering dikenal dengan istilah radang tenggorokan, dimana dapat disebabkan oleh infeksi virus atau infeksi bakteri. Faringitis merupakan kondisi yang sangat umum terjadi dan jarang menimbulkan kekhawatiran. Faringitis akibat infeksi virus biasanya akan sembuh dengan sendirinya, dan jika akibat infeksi bakteri, dokter biasanya akan memberikan Anda antibiotik.

Tonsillitis merupakan peradangan yang terjadi pada tonsil / amandel. Tonsil merupakan jaringan yang terletak di bagian kanan dan kiri faring, dimana berfungsi sebagai salah satu sistem pertahanan / imun tubuh kita. Tonsil bekerja dengan melindungi tubuh kita dari kuman-kuman yang masuk melalui mulut. Oleh karena itu, tonsil akan membesar sebagai sebuah respon saat terjadi infeksi. Tonsillitis dapat terjadi akibat infeksi virus atau bakteri, dimana pada kebanyakan kasus lebih sering disebabkan oleh infeksi virus. Karena tatalaksana tonsillitis bergantung dengan penyebabnya, maka mencari tahu apa penyebabnya merupakan hal yang penting untuk menentukan teapi yang tepat. Tonsillitis jarang menimbulkan kondisi yang serius dan seringkali dapat sembuh dengan pengobatan antibiotik jangka pendek. Akan tetapi, dokter akan menganjurkan untuk dilakukan operasi pengangkatan tonsil apabila tonsillitis terjadi berulang atau dalam jangka waktu panjang.

Beberapa gejala yang mirip pada tonsillitis dan faringitis adalah sakit tenggorokan, sakit saat menelan dan pembesaran kelenjar getah bening.

 

Oleh: dr. Cerellia Clarissa