Pusing Berputar, Bagaimana Mengatasinya?

25 Jan 2021 | Otak dan Saraf | Telinga, Hidung, dan Tenggorokan (THT)

Secara umum, vertigo dapat dibedakan menjadi dua tipe, yaitu vertigo perifer dan vertigo sentral. Pada vertigo perifer terjadi permasalahan pada telinga dalam Anda, sedangkan vertigo sentral disebabkan akibat adanya penyakit atau cedera pada otak. Lalu, bagaimana cara penanganannya? Apakah penanganan kedua tipe vertigo tersebut berbeda? Yuk, simak penjelasan singkat mengenai cara penanganan kedua tipe vertigo.

Bagaimana penanganan vertigo sentral?

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu akar permasalahan dari vertigo yang Anda alami. Langkah awal dan penanganan akar permasalahan tersebut merupakan satu-satunya cara dalam menangani vertigo sentral. Jika migren merupakan penyebabnya, maka pengobatan migren dan mengurangi stres dapat membantu meredakan gejala pusing berputar Anda. Untuk beberapa kondisi tertentu seperti sklerosis multipel dan tumor, tatalaksana lebih terfokus pada penanganan gejala dibandingkan penyebabnya. Tatalaksana yang dapat dilakukan adalah pemberian obat untuk mengatasi mual dan obat untuk membantu mengurangi sensasi berputar. 

Bagaimana penanganan vertigo perifer?

Sama halnya seperti prinsip penanganan vertigo sentral, di mana penanganan terhadap kondisi yang mendasarinya dapat membantu meredakan gejala. BPPV, penyebab vertigo perifer paling umum, dapat ditangani dengan perasat Epley, yang dapat dilakukan dalam waktu 15 menit. Perasat ini dapat dilakukan oleh dokter pada saat Anda pergi berobat ke klinik atau rumah sakit, perasat ini akan membantu mengembalikan kristal yang berperan dalam pengaturan keseimbangan tubuh ke tempat yang seharusnya. Obat-obatan anti inflamasi terkadang dapat membantu meredakan gejala pusing berputar jika vertigo perifer yang Anda alami disebabkan oleh neuritis vestibular, penyakit Meniere atau labirinitis. Penyakit Meniere juga dapat dikontrol dengan mengurangi asupan garam, kafein, alkohol, dan mengurangi stres. Pada beberapa kasus, seperti fistula perilimfe, dokter akan menganjurkan Anda untuk dilakukan tindakan operasi untuk membantu menangani masalah pada telinga dalam Anda. Beberapa kondisi yang menyebabkan vertigo perifer dapat terjadi dalam jangka waktu yang panjang/kronis. Pada kondisi ini, Anda membutuhkan latihan keseimbangan yang dikombinasi dengan perubahan gaya hidup dan obat-obatan untuk menangani vertigo. Obat-obatan mabuk perjalanan juga dapat membantu meredakan keluhan mual.

 

Sumber: https://www.medicalnewstoday.com/articles/320492

Oleh: dr. Cerellia Clarissa