Persiapan Sebelum Biopsi Payudara

09 Jul 2020 | Kesehatan Wanita dan Ibu Hamil | Bedah | Pemeriksaan Diagnostik

Benjolan pada payudara adalah hal yang sangat ditakutkan bagi semua orang terutama kaum hawa. Namun benjolan pada payudara bukan berarti tidak terjadi pada pria loh. Dalam kedokteran, benjolan biasa disebut dengan tumor. Dan terdapat 2 jenis tumor berdasarkan sifatnya yaitu tumor jinak dan tumor ganas.

Biopsi payudara merupakan suatu tindakan medis yang sederhana dimana diambil sebagian jaringan tumor tersebut untuk dilihat pada bawah mikroskop. Nanti hasilnya yang dapat membantu dokter menegakkan apakah tumor ganas atau jinak dan langkah berikutnya.

Segala tindakan medis pasti memiliki risiko meskipun tindakan tersebut sangat mudah dan sederhana. Beberapa risiko yang dapat terjadi setelah biopsi yaitu perubahan ukuran/ bentuk payudara (tergantung seberapa besar jaringan yang diambil), memar, bengkak, nyeri, dan beberapa dapat terjadi infeksi meskipun hal itu jarang terjadi.

Jika Anda takut terhadap tindakan ini, ingatlah bahwa lebih cepat lebih baik, alias, kanker yang terdiagnosa semakin cepat maka semakin cepat tatalaksana dapat diberikan dari pada takut dan menunda sehingga kanker semakin parah dan bahkan bisa menyebar.

Jika Anda sudah memutuskan untuk menyetujui tindakan biopsi, Anda akan melakukan beberapa pemeriksaan penunjang sebelum dilakukan tindakan biopsi. Contohnya yaitu USG payudara, mammograhy, atau bisa juga MRI. Jika diperlukan MRI, sampaikan pada dokter Anda jika Anda menggunakan alat pacu jantung. Jika akan dilakukan pemeriksaan penunjang lainnya, sampaikan juga pada dokter jika Anda sedang hamil. Diantara tes tersebut, mungkin Anda akan diberikan kawat atau jarum kecil pada benjolan agar dokter bedah dapat mencari benjolan dengan mudah. Tenang saja, sebelum memasukkan kawat atau jarum kecil, Anda akan diberikan bius lokal sehingga tidak begitu menyakitkan.

Prosedur ini umumnya tidak memerlukan puasa sebelumnya. Risiko tindakan relatif tidak tinggi. Jika Sobat BD memiliki benjolan pada payudara, ayo segera cek! Semakin cepat semakin baik ya. Jangan tunda tunda karena penanganan dini akan lebih baik. Baca juga macam macam metode biopsi payudara.

Oleh: dr. Kezia