Pengaruh Tensi Tinggi pada Mata

14 Aug 2020 | Kesehatan Mata

Tensi tinggi atau hipertensi adalah ketika tekanan darah seseorang lebih dari sama dengan 140/90. Tensi tinggi merupakan salah satu penyakit kronis yang banyak dialami masyarakat. Penyakit tersebut juga sering tidak menimbulkan gejala sehingga banyak orang yang tidak menyadarinya sampai mereka terkena dampak dari tensi tinggi. Secara umum, dampak dari hipertensi yang sudah dikenal banyak orang adalah penyakit jantung, stroke dan ginjal. Namun tensi tinggi ternyata mempunyai dampak juga terhadap mata. Apa sajakah dampak tersebut?

  1. Retinopati hipertensi
    Retinopati hipertensi merupakan perubahan struktur pembuluh darah kecil di mata. Pertama-tama akan terjadi tegangnya otot pembuluh darah di mata, kemudian terjadi penyempitan. Setelah itu dinding pembuluh darah tersebut menebal dan bahkan dapat pecah sehingga darah dan cairan plasma dapat masuk ke dalam mata.
  1. Penyumbatan pembuluh darah mata
    Dengan perubahan-perubahan yang terjadi di atas, maka tensi tinggi juga dapat meningkatkan kejadian tersumbatnya pembuluh darah tersebut. Sumbatan ini dapat disebabkan oleh pembuluh darah yang semakin menebal dan menyempit ataupun karena tertutupnya pembuluh darah oleh komponen lain dari sirkulasi yang memiliki ukuran lebih besar dari pembuluh darah yang kecil, seperti gumpalan kolesterol atau jaringan pembekuan darah.
  1. Kantung pembuluh darah mata
    Perubahan struktur lapisan dalam pembuluh darah juga menyebabkan berkurangnya elastisitas sehingga menyebabkan pembuluh darah melebar sampai membentuk kantung (aneurysm). Kantung yang tipis ini mudah pecah sewaktu-waktu sehingga dapat menimbulkan pendarahan pada bola mata dan gangguan penglihatan.
  1. Gangguan perfusi mata
    Semua gangguan pembuluh darah yang terjadi menyebabkan berkurangnya pasokan darah ke dalam mata sehingga juga perfusi darah terganggu, baik secara perlahan maupun secara tiba-tiba. Hal ini dapat merusak sel-sel dalam mata yang membutuhkan nutrisi dan oksigen dari darah.
  1. Glaukoma
    Peningkatan tensi menjadi salah satu faktor resiko utama meningkatkan tekanan bola mata. Glaukoma merupakan rusaknya saraf mata akibat tekanan tinggi dalam bola mata.

Sebagian besar dampak tekanan darah tinggi pada mata berkaitan dengan gangguan pembuluh darah yang juga secara tidak langsung mempengaruhi pasokan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan sel-sel untuk hidup. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Oleh: dr. Edwin Tan