Minuman dengan pH tinggi, apakah bermanfaat?

24 Feb 2022 | Olahraga dan Gaya Hidup Sehat

Dulu kita mungkin tidak pernah melihat air mineral yang ada di toko mencantumkan angka pH. Namun saat ini, berbagai macam air mineral mencantumkan bahwa pH dari air mineral tersebut lebih tinggi atau dalam kategori alkali. Tentunya, dengan berbagai teknik yang digunakan untuk membuat air ini menjadi alkali, harga minuman tersebut akan melonjak naik. Lebih mahal.

Anda mungkin pernah mendengar kata "pH" yang digunakan untuk menggambarkan kualitas air minum, tetapi apakah Anda tahu artinya?

pH adalah pengukuran partikel bermuatan listrik dalam suatu zat. Ini menunjukkan seberapa asam atau basa zat itu. Skala pH berkisar dari 0 hingga 14. Air asam memiliki pH lebih rendah dari 7. Zat yang paling asam memiliki pH 0. Air alkali memiliki pH 8 atau lebih. Zat yang paling basa, seperti alkali, memiliki pH 14. Air murni memiliki pH 7 dan dianggap "netral" karena tidak memiliki kualitas asam atau basa.

Anda mungkin pernah mendengar berbagai klaim kesehatan tentang air alkali. Beberapa mengatakan itu dapat membantu memperlambat proses penuaan, mengatur tingkat pH tubuh Anda, dan mencegah penyakit kronis seperti kanker. Tapi apa sebenarnya air alkali itu?

Air alkali atau air "basa" diklasifikasikan pada tingkat pH-nya. Air alkali memiliki tingkat pH yang lebih tinggi daripada air minum biasa. Oleh karena itu, beberapa orang percaya hal ini dapat menetralkan asam dalam tubuh. Air minum normal umumnya memiliki pH netral 7. Air alkali biasanya memiliki pH 8 atau 9. Namun, pH saja tidak cukup untuk memberikan alkalinitas substansial ke air.

Air alkali cukup menimbulkan kontroversi. Beberapa tenaga kesehatan profesional mengatakan tidak ada penelitian yang cukup untuk mendukung berbagai klaim kesehatan yang dibuat oleh pengguna dan penjual.

Sebagian besar ahli menyatakan air minum biasa adalah yang terbaik bagi kebanyakan orang. Tidak ada bukti ilmiah yang sepenuhnya mendukung klaim yang dibuat oleh para pendukung air alkali.

Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa air alkali mungkin bermanfaat untuk kondisi tertentu. Sebagai contoh, sebuah studi tahun 2012 menemukan bahwa minum air alkali  berkarbonasi alami dengan pH 8,8 dapat membantu menonaktifkan pepsin, enzim utama yang menyebabkan refluks asam lambung.

Studi lain menunjukkan bahwa minum air ion alkali dapat bermanfaat bagi orang dengan tekanan darah tinggi, diabetes, dan kolesterol tinggi. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan di luar studi kecil ini. Secara khusus, penelitian besar dan berulang diperlukan untuk menjawab klaim lain yang dibuat oleh pendukung air alkali.

Oleh: dr. Marco Ariono