Mengapa Telinga Saya Nyeri?

29 Jan 2021 | Telinga, Hidung, dan Tenggorokan (THT)

Pernahkah Anda merasa nyeri pada telinga? Berbagai hal bisa menyebabkan nyeri pada telinga. Berikut beberapa penyebab nyeri telinga yang cukup umum terjadi:

Kotoran telinga
Telinga Anda memproduksi dan membuang kotoran telinga dengan sendirinya. Pada saat proses tersebut tidak berjalan dengan baik, kotoran telinga dapat menumpuk dan menyumbat saluran telinga Anda. Dalam dunia kedokteran, hal ini disebut sebagai impaksi serumen. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri telinga. 
Jangan gunakan cotton bud atau alat lain untuk mencoba mengeluarkan kotoran telinga tersebut karena Anda kemungkinan akan mendorong tumpukan kotoran telinga tersebut semakin dalam. Selain nyeri, impaksi serumen juga dapat disertai rasa gatal, mengeluarkan cairan berbau, meningkatkan risiko infeksi, atau menyebabkan tuli sementara.

Tekanan udara
Telinga Anda berfungsi untuk mengatur keseimbangan tekanan udara di dalam telinga dengan tekanan udara di luar. Perubahan tekanan yang cepat, seperti saat Anda naik lift atau pesawat, dapat menyebabkan ketidakseimbangan tekanan. Anda mungkin akan mengalami nyeri pada telinga dengan atau tanpa tuli sementara atau telinga berdengung.

Infeksi telinga tengah
Infeksi saluran napas, alergi, dan infeksi sinus dapat menyumbat saluran yang menghubungkan telinga tengah dan hidung Anda. Saat terjadi penumpukan cairan dan terjadi infeksi, dokter akan menyebut kondisi tersebut dengan istilah otitis media. Kondisi ini merupakan penyebab tersering dari nyeri telinga. Jika dokter yang memeriksa Anda berpikir infeksi disebabkan oleh bakteri, maka Anda akan diberikan antibiotik. Jika tidak, Anda biasanya hanya diberikan anti alergi dan steroid. Kembali konsultasi ke dokter jika nyeri tidak membaik. Jika tidak ditangani, otitis media dapat menyebar dan menyebabkan tuli. 

Penyebab lain
Anda dapat juga mengalami nyeri telinga dari sumber lain, seperti sakit gigi. Hal tersebut dapat terjadi karena saraf yang mempersarafi wajah dan tenggorokan Anda berdekatan dengan telinga dalam Anda. Dokter menyebut tipe nyeri ini sebagai nyeri menjalar. 
Jika nyeri telinga disertai nyeri tenggorokan yang berat, mungkin kondisi tersebut merupakan infeksi seperti tonsilitis atau faringitis. 
Gigi berlubang atau impaksi gigi bungsu atau molar juga dapat menyebabkan nyeri telinga.

 

Sumber: https://www.webmd.com/cold-and-flu/ear-infection/why-does-ear-hurt#1

Oleh: dr. Cerellia Clarissa