Manfaat Latihan Fisik pada Penderita Kanker

26 Sep 2020 | Olahraga dan Gaya Hidup Sehat | Kanker

Kanker adalah momok yang menakutkan bagi sebagian besar orang. Progresifitas penyakit yang begitu cepat, gejala yang tidak mengenakkan, obat yang belum sepenuhnya sempurna serta tingkat kematian yang begitu tinggi menjadikan kanker penyakit yang sangat ditakuti. Namun bila seseorang sudah dinyatakan mengidap penyakit kanker, apakah itu sudah seperti akhir dunianya? Tentu saja tidak.

Tentunya dunia kedokteran tidak dapat menjanjikan kesembuhan, namun bila dapat mengikuti instruksi dokter yang berasal dari penelitian-penelitian ilmiah serta berjuang dan berdoa, mungkin keajaiban akan terjadi. Salah satu hal yang penting untuk dilakukan adalah merubah gaya hidup.

Gaya hidup manusia berperan besar pada status kesehatannya. Salah satu gaya hidup yang sering dilupakan adalah gaya hidup aktif. Gaya hidup aktif dapat diterapkan dengan melakukan latihan fisik rutin. Nah, ternyata latihan fisik membawa efek positif pada pasien kanker lho.

Rekomendasi untuk latihan fisik sama dengan populasi umum yaitu dengan melakukan latihan fisik selama 150 menit dengan intensitas sedang atau 75 menit dengan intensitas berat selama satu minggu. Selain itu juga perlu dilakukan latihan penguatan otot. Bilamana sebelumnya tidak rutin melakukan latihan fisik, dapat dilakukan latihan dari intensitas dan durasi yang rendah terlebih dahulu dan dilakukan penyesuaian setelah 2 minggu berselang.

Latihan fisik yang rutin dilakukan terbukti berefek sangat baik bagi penderita kanker seperti penurunan tingkat kelelahan, neuropati, osteoporosis dan rasa mual. Selain itu latihan fisik akan menurunkan risiko ansietas dan depresi. Otot-otot dan tulang-tulang juga akan menjadi kuat sehingga akan menurunkan risiko jatuh dan patah tulang.

Selain itu, dengan latihan fisik yang teratur tentunya akan menghambat peningkatan berat badan atau bahkan akan terjadi penurunan berat badan. Latihan fisik juga telah terbukti akan meningkatkan kualitas tidur. Tubuh kita akan lebih kuat, pengobatan akan lebih efektif dalam menghancurkan sel tumor sehingga terjadi penurunan lama perawatan di rumah sakit. Penting diketahui juga, pasien kanker yang rutin melakukan latihan fisik akan mempunyai usia harapan hidup yang lebih panjang dibandingkan mereka yang sedenter.

Tentunya, sebelum melakukan semua itu, akan sangat baik untuk berkonsultasi dengan dokter yang menangani.

 

Sumber: Geres b. Benefits of exercise for cancer survivors - Richard Geres Personal Training [Internet]. Richard Geres Personal Training. 2019 [cited 21 November 2019]. Available from: https://www.richardgeres.com/fitness-blog/benefits-of-exercise-for-cancer-survivors/

Oleh: dr. Marco Ariono