Khasiat Ramuan "Empon-Empon" untuk Mencegah COVID-19 : Mitos atau Fakta ?

08 Oct 2021 | COVID-19 | Olahraga dan Gaya Hidup Sehat

Berbagai upaya dilakukan oleh semua orang untuk mencegah diri tertular dan terjangkit COVID-19. Mulai dari memakai masker, menjalankan diet khusus, berjemur matahari, hingga mencoba berbagai ramuan herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satu tren saat ini adalah mengonsumsi ramuan empon-empon. Apakah ramuan ini benar-benar berkhasiat untuk mencegah COVID-19?

Ramuan empon-empon dibuat dari bumbu dapur jahe, kunyit, temulawak, secang, kayu manis dan sebagainya. Cara menyiapkanya adalah bahan-bahan tersebut dimasak dalam air panas, kemudian airnya diminum. Ramuan ini dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Bila kita menelaah lebih jauh, beberapa bahan baku ramuan empon-empon memiliki khasiat terhadap kesehatan menurut beberapa penelitian. Jahe, misalnya, mengandung bahan bioaktif gingerol, menunjukkan efek antioksidan dan anti radang. Jahe juga memiliki sifat hangat dan dapat memperlancar saluran pencernaan sehingga sering dikonsumsi untuk meredakan sakit flu maupun sakit perut. Kunyit juga dipercaya memiliki khasiat yang besar. Hipotesis dari penelitian yang berlangsung di Universitas Airlangga, Surabaya, menyatakan bahwa senyawa curcuminoid pada kunyit dapat mengurangi reaksi radang pada tubuh sehingga mungkin dapat berpotensi mencegah komplikasi radang paru-paru yang dapat berakibat fatal pada COVID-19. Contoh lain, menurut beberapa penelitian, kayu manis memiliki efek anti radang, antioksidan, dan juga berkhasiat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Jadi, apakah khasiat ramuan empon-empon mencegah COVID-19 adalah fakta ? Saat ini khasiat ramuan empon-empon dalam mencegah COVID-19 belum teruji klinis. Belum diketahui juga dosis optimal ramuan yang diperlukan untuk mencegah COVID-19. Karena sifatnya buatan sendiri, resepnya berbeda-beda tergantung dari pembuatnya, dan persentase kandungan bahan aktif dalam tanaman berbeda-beda tergantung dari jenis dan lingkungan tumbuhnya, efektivitas ramuan empon-empon belum dapat disamaratakan.

Mengonsumsi atau tidak mengonsumsi ramuan empon-empon adalah pilihan Anda. Yang penting, buatlah sendiri ramuan empon-empon yang Anda konsumsi. Jangan pilih ramuan yang berupa bubuk yang dijual atau beli jadi, karena memiliki kemungkinan mengandung campuran bahan kimia tertentu atau sudah tidak segar sehingga menurunkan kualitasnya. Lebih penting lagi, dalam pencegahan tertular COVID-19, Anda harus tetap melakukan saran yang telah teruji klinis dan dihimbau oleh WHO, seperti mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, makan makanan bergizi seimbang, berolahraga, tidur cukup, mengenakan masker (masker kain saja cukup !), serta menghindari keramaian dan menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain.

Oleh: dr. Stephanie