Donor Darah? Siapa Takut!

04 Oct 2021 | Olahraga dan Gaya Hidup Sehat | Kelainan Darah

Donor darah merupakan aktivitas untuk memberikan darah kita pada PMI. Darah ini nantinya akan didistribusikan ke penyedia layanan kesehatan dan diberikan pada pasien yang membutuhkan darah. Pasien-pasien tersebut antaranya adalah ibu hamil yang sedang melahirkan dengan komplikasi, pasien anemia, pasien trauma yang kehilangan darah, dan pasien-pasien dengan penyakit kronis lainnya. Darah yang Anda berikan menjadi sangat berarti bagi pasien-pasien tersebut. Sekilas terdengar menyeramkan, namun ternyata menjadi pendonor memiliki banyak manfaat loh, berikut penjelasannya!

Berdonor membantu membakar kalori dan dapat membuat langsing. Dengan berdonasi 450 ml darah setara dengan membakar 650 kalori. Hal ini menjadi manfaat pada pasien dengan kelebihan berat badan atau berisiko memiliki penyakit kardiovaskular.

 Dengan berdonor, jumlah zat besi akan menurun. Namun, ternyata kelebihan zat besi pun tidak baik karena dapat menumpuk pada organ-organ seperti hati dan jantung. Dengan berdonor maka jumlah zat besi dalam tubuh pun akan lebih terkontrol. Selain itu, penurunan angka zat besi dikaitkan dengan penurunan risiko kanker. Tubuh juga akan dengan aktif mengganti darah yang hilang, akan terjadi stimulasi untuk memproduksi sel darah yang baru.

 Jika Anda hendak melakukan donor darah maka akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Pemeriksaan ini merupakan keuntungan lain yang Anda dapatkan. Anda dapat mengetahui tekanan darah, kadar hemoglobin, dan apakah terdapat penyakit seperti Hepatitis B, Hepatitis C ataupun HIV secara cuma-cuma.

 Meskipun manfaatnya sangat banyak, Anda tetap perlu waspada efek samping yang mungkin timbul. Hal ini diantaranya adalah pusing, lemas, dan rasa mual. Pada umumnya, gejala akan berkurang dalam tiga hari. Setelah mendonor maka Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan kadar zat besi yang tinggi, seperti daging merah dan bayam. Proses mendonor darah relatif aman karena dijaga higienitas dan pastinya menggunakan jarum yang baru sehingga Anda terhindar dari risiko terinfeksi penyakit menular. Mari kita berdonor untuk membantu sesama!

Referensi:

http://www.pmi.or.id/index.php/aktivitas/pelayanan/donor-darah/donor-sekarang.html?showall=&start=3

https://www.brmsonline.com/blog/wellness/healthcare/2018/benefits-of-blood-donation/  

https://www.who.int/features/qa/61/en/

 

Oleh: dr. Jessica Zhang