Cairan Keluar dari Telinga Saya, Berbahayakah ?

25 Nov 2021 | Olahraga dan Gaya Hidup Sehat | Infeksi | Telinga, Hidung, dan Tenggorokan (THT)

Cairan yang keluar dari telinga dalam bentuk apapun disebut dengan otorrhea. Telinga Anda memproduksi kotoran telinga. Kotoran telinga merupakan minyak yang diproduksi oleh tubuh secara alami. Fungsi dari kotoran telinga adalah mencegah masuknya debu, bakteri dan benda asing lainnya ke dalam telinga Anda. Akan tetapi, kondisi lain, seperti ruptur (sobekan) gendang telinga, dapat menyebabkan darah atau cairan keluar dari telinga Anda. Cairan dalam bentuk seperti ini dapat merupakan petunjuk bahwa terjadi trauma atau infeksi pada telinga Anda yang memerlukan penanganan secara medis.

Apa penyebab cairan keluar dari telinga ?

Pada kebanyakan kasus, cairan yang keluar dari telinga Anda merupakan kotoran telinga yang sedang keluar. Hal ini merupakan kondisi yang alami. Kondisi lain yang menyebabkan keluarnya cairan dari telinga Anda adalah infeksi atau cedera.

Infeksi telinga tengah

Infeksi telinga tengah (otitis media) merupakan penyebab dari keluarnya cairan dari telinga yang paling sering terjadi. Otitis media terjadi ketika adanya infeksi bakteri atau virus pada telinga tengah. Telinga tengah merupakan area yang berada di belakang gendang telinga. Telinga tengah terdiri dari tulang-tulang pendengaran, dan merupakan area yang vital untuk fungsi pendengaran. Infeksi telinga tengah dapat menyebabkan penumpukan cairan di belakang gendang telinga. Jika terdapat penumpukan cairan yang terlalu banyak, dapat meningkatkan risiko terjadinya perforasi gendang telinga, yang dapat menyebabkan cairan keluar dari telinga Anda.

Trauma

Trauma pada liang telinga juga dapat menyebabkan keluarnya cairan dari telinga. Trauma tersebut dapat terjadi saat Anda membersihkan telinga Anda terlalu dalam. Selain itu, jika terjadi peningkatan tekanan udara, seperti saat Anda sedang berada di pesawat atau menyelam. Kondisi ini dapat menyebabkan pecahnya gendang telinga Anda. Trauma akustik merupakan kerusakan telinga akibat suara yang sangat keras. Trauma akustik juga dapat menyebabkan gendang telinga Anda pecah. Akan tetapi, kasus ini lebih jarang ditemukan jika dibandingkan penyebab lainnya.

Otitis eksterna

Otitis eksterna merupakan kondisi dimana terjadinya infeksi bakteri atau jamur pada liang telinga Anda. Kondisi ini seringkali terjadi saat telinga Anda terpapar air dengan jangka waktu yang panjang. Jika kondisi telinga Anda terlalu lembab dapat menghancurkan barrier kulit di liang telinga Anda. Kondisi ini dapat mempermudah infeksi bakteri dan jamur.

Penyebab lainnya

Penyebab lainnya yang lebih jarang ditemukan adalah otitis eksterna malignan, kondisi ini merupakan komplikasi dari otitis eksterna yang menyebabkan kerusakan kartilago (tulang rawan)  dan tulang pada dasar tengkorak. Penyebab yang lebih jarang terjadi adalah fraktur tulang tengkorak, yang dapat menghancurkan tulang tengkorak. Mastoiditis, infeksi pada tulang mastoid yang terletak di belakang telinga.

Tatalaksana

Kondisi keluarnya cairan pada telinga merupakan kondisi yang sebaiknya diperiksakan oleh dokter spesialis THT. Pembersihan area telinga atau biasa disebut aural toliet dapat dilakukan, jika kondisi ini dibiarkan dapat menyebabkan berbagai komplikasi yang cukup serius seperti infeksi selaput otak/ meningitis. Beberapa penanganan yang bisa Anda lakukan di rumah, hindari pengorekan telinga untuk mengurangi kondisi kerusakan yang lebih parah. Segera kunjungi atau konsultasikan dengan dokter jika Anda mengalami kondisi ini!

Oleh: dr. Cerellia Clarissa