Bersepeda, Perlukah Pakai Helm?

22 Sep 2020 | Olahraga dan Gaya Hidup Sehat

Bersepeda merupakan kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan oleh berbagai kalangan usia, dari anak-anak hingga dewasa. Bersepeda tentunya mempunyai risiko kecelakaan yang dapat menimbulkan cedera ringan hingga cedera fatal yang menyebabkan kematian. Oleh karena itu penting bagi para pesepeda untuk mematuhi rambu lalu lintas dan menjaga batas kecepatannya. Selain itu, para pesepeda juga dapat memperlengkapi diri dengan alat pengaman seperti pelindung lutut, pelindung siku hingga helm. Berbeda dengan penggunaan helm oleh pengendara sepeda motor, penggunaan helm untuk pengendara sepeda tidak terlalu ketat dan banyak negara yang tidak memberlakukannya sebagai suatu kewajiban.

Manfaat kesehatan dari bersepeda berkali-kali lipat daripada risiko untuk mengalami cedera kepala serius. Secara umum peraturan pesepeda wajib menggunakan helm berpotensi untuk mengurangi cedera bersepeda dan kematian. Pengurangan cedera ini dapat dikaitkan dengan efek perlindungan dari helm. Helm sepeda telah lama dikenal sebagai perlindungan terbaik terhadap cedera kepala. Seiring meningkatnya penggunaan helm, risiko cedera kepala berkurang. Jumlah pengendara sepeda yang terbunuh atau dirawat di rumah sakit dengan cedera kepala berkurang sekitar sepertiga.

Cedera otak yang parah dapat menjadi efek buruk pada kualitas hidup seseorang. Cedera otak juga merupakan penyebab sebagian besar kematian terkait kecelakaan sepeda. Kematian ini bisa dicegah dengan bantuan perlindungan helm sepeda yang baik. Saat Anda mengenakan helm, penelitian telah menunjukkan bahwa ada penurunan risiko cedera otak serius hingga 88%. Angka-angka ini dapat menjadi alasan yang baik untuk menggunakan helm saat bersepeda.

Selain itu, banyak kecelakaan sepeda yang melibatkan kendaraan terjadi karena mobil atau truk tidak dapat melihat pengendara sepeda. Helm dengan warna cerah membuat Anda lebih terlihat dalam lalu lintas dan mengurangi peluang Anda mengalami kecelakaan antara mobil dengan sepeda. Bila perlu, dapat juga dilakukan penambahan pita reflektif ke helm sehingga dapat meningkatkan visibilitas selama situasi cahaya rendah. Selain itu, helm dapat melindungi kita dari sinar matahari, serta dapat menghalau hujan dari mata Anda sehingga pandangan dapat tetap terjaga walau terjadi badai secara tiba-tiba.

 

Sumber: 3 Benefits of Wearing a Bike Helmet | Cyclist at Law: Bill Shirer [Internet]. Cyclist. 2015 [cited 12 January 2020]. Available from: https://www.cyclistatlaw.com/blog/3-benefits-of-wearing-a-bike-helmet/

Oleh: dr. Marco