Berada di Luar Rumah Pagi Hari Bagus Untuk Tulang, Kenapa?

27 Aug 2020 | Olahraga dan Gaya Hidup Sehat | Otot, Tulang, dan Sendi

Berada di luar ketika pagi hari merupakan sesuatu yang langka ditemukan jaman sekarang. Melihat dari sisi kemudahan teknologi dalam mengakses dunia luar membuat pola hidup yang hanya ingin berada dikamar, seperti contoh: dulu saat ingin mencari sarapan, kita dituntut untuk keluar dari rumah, namun dengan adanya aplikasi online segala sesuatunya dapat diakses di dalam rumah tanpa harus berada di luar.

Tanpa kita sadari, berada di luar rumah ternyata memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Manfaat tersebut dapat dirasakan oleh kulit, tulang dan otak kita. Di bawah ini, akan dibahas mengenai proses sinar matahari yang sangat bermanfaat khususnya pada tulang kita

Tulang terdiri dari kalsium yang mampu mempertahankan konsistensi tulang menjadi padat dan kokoh. Kalsium yang terkandung di dalamnya didapatkan dari makanan-makanan yang kita makan sehari-hari. Beberapa faktor mempengaruhi penyerapan dari kalsium dan fosfor dalam tubuh kita, salah satunya vitamin D.

Vitamin D atau dapat kita sebut sebagai vitamin matahari berperan penting dalam penyerapan kalsium. Prosesnya terjadi ketika kita mendapat paparan sinar matahari, yang terjadi pada kita adalah sinar UVB (290-315) diserap dalam oleh lapisan luar dari kulit kita. Setelah proses penyerapan tersebut, terjadi pemecahan struktur vitamin D pada kulit yang membuat vitamin D dapat dikeluarkan ke dalam pembuluh darah. Setelah dari pembuluh darah, bersama dengan vitamin D yang didapat dari makanan kemudian diubah di hati dan ginjal menjadi bentuk yang aktif atau yang dikenal dalam bentuk 1,25(OH2) D3. Bentuk ini kemudian menstimulasi penyerapan kalsium dan fosfor pada tubuh yang nantinya penting untuk menjaga kekokohan tulang terutama tulang besar.

Banyak penyakit tulang yang dapat dicegah dengan berjemur di luar. Pada anak-anak, dapat mencegah penyakit rakitis atau penyakit tulang bengkok yang diakibatkan kurangnya vitamin D untuk membantu penyerapan fosfor dan kalsium. Pada orang tua, vitamin D bermanfaat dalam mencegah terjadinya osteoporosis atau kita kenal sebagai keropos tulang akibat kurangnya penyerapan kalsium yang penting untuk tulang dan penyakit osteomalasia (tulang lunak pada dewasa) akibat penyerapan vitamin D yang kurang yang bermanifestasi sama seperti penyakit tulang lunak pada anak yaitu tulang kering yang perlahan bengkok.

Melihat fakta tersebut, banyak dari kita yang bertanya-tanya mengenai waktu yang tepat untuk berjemur. Sekitar pukul 8-11 pagi merupakan waktu ideal untuk berjemur di pagi hari, di atas jam tersebut tidak disarankan karena dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada kulit.

Oleh: dr. Dave Kennedy