Beberapa Jenis Obat Semprot Hidung dan Cara Penggunaannya

16 Feb 2022 | Telinga, Hidung, dan Tenggorokan (THT)

Hidung tersumbat merupakan keluhan yang cukup mengganggu saat pilek, dan Anda bisa meredakan keluhan tersebut secara cepat dengan menggunakan obat semprot hidung. Namun simak sebentar mengenai perbedaan jenis dan bagaimana cara menggunakan obat semprot hidung yang benar.

Jenis obat semprot hidung

Ada tiga jenis obat semprot hidung yang tersedia, yaitu :

●      Dekongestan

Obat semprot hidung dekongestan merupakan obat yang dapat dibeli secara bebas tanpa menggunakan resep dokter. Obat ini dapat meredakan keluhan hidung tersumbat dengan cara memperkecil pembuluh darah yang ada di hidung, dimana akan memperkecil jaringan yang bengkak. Hindari penggunaan lebih dari 3 hari, atau gejala dapat memberat. Dokter menyebut kondisi ini sebagai efek rebound

●      Larutan air garam

Larutan air yang mengandung garam steril ini juga dapat dibeli secara bebas tanpa menggunakan resep dokter. Cara larutan ini bekerja adalah dengan mengencerkan lendir dan mencegah terbentuknya kerak. Karena larutan ini tidak mengandung obat-obatan, maka obat ini tidak berbahaya apabila digunakan dalam jangka panjang.

●      Obat semprot steroid

Obat semprot hidung yang mengandung steroid ini dapat Anda beli sendiri secara bebas dan ada yang harus membutuhkan resep dokter juga. Obat ini dapat meredakan gejala alergi, namun seringkali digunakan juga pada infeksi sinus / sinusitis.

Bagaimana cara menggunakan obat semprot hidung ?

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuang lendir atau ingus Anda untuk membersihkan lubang hidung Anda. Setelah itu, buka penutup botol obat semprot yang Anda punya, lalu ikuti cara mengocok yang tertera pada kemasan jika diperlukan.

Lalu ikuti langkah-langkah berikut :

●      Tutup salah satu lubang hidung Anda menggunakan jari

●      Pegang bagian bawah dari obat semprot Anda dengan jempol. Lubang di puncak botol harus berada di bawah lubang hidung Anda yang terbuka

●      Pencet pemompa pada obat semprot dan tarik napas perlahan. Lalu ulangi langkah-langkah yang sama pada lubang hidung lainnya.

Setelah selesai, jangan langsung membuang ingus atau coba untuk tidak bersin, sehingga obat yang disemprotkan dapat menetap di dalam hidung Anda.

Oleh: dr. Cerellia Clarissa