Apakah Saya Membutuhkan Implan Koklea ?

10 Jun 2020 | Telinga, Hidung, dan Tenggorokan (THT) | Lansia | Bedah

Apa itu Implant Koklea?

Kurang lebih sama seperti alat bantu dengar biasa, implant koklea merupakan alat elektronik berukuran kecil yang dapat membantu pendengaran. Seperti alat bantu dengar biasa, implant koklea tidak dapat mengembalikan fungsi pendengaran, namun dapat membantu orang yang tuli total atau penurunan pendengaran derajat berat untuk mendengar. Implant koklea merupakan alat yang lebih kompleks dibandingkan dengan alat bantu dengar biasa, pemasangan implant koklea membutuhkan tindakan operasi untuk memasangnya di bawah kulit  di belakang telinga.

Siapa yang menggunakan implant koklea?

Implant koklea merupakan pilihan untuk orang yang tetap tidak dapat mendengar dengan bantuan alat bantu dengar. Anak-anak maupun dewasa dapat menggunakan implant koklea ini. Beberapa orang dengan tuli sensorineural, yang dimana terjadi kerusakan pada sel-sel rambut di telinga dalam, di area yang disebut dengan koklea, merupakan salah satu indikasi penggunaan implant koklea.

Anak-anak usia < 1 tahun yang terlahir tuli atau gangguan pendengaran berat juga merupakan salah satu indikasi penggunaan implant koklea. Perkembangan Bahasa pada anak-anak dengan implant koklea hampir sama dengan anak-anak dengan fungsi pendengaran normal. 

Bagaimana implant koklea bekerja ?

Tidak seperti alat bantu dengar, implant koklea tidak memperkuat suara, melainkan menyalurkan suara untuk melewati bagian / area koklea yang rusak dan secara langsung merangsang saraf pendengaran, yang kemudian dihantarkan ke otak dimana akan dikenali sebagai suara.

Pemasangan implant koklea membutuhkan tindakan operasi, dan terdiri dari 2 bagian: sebuah prosesor / mikrofon yang dipasang di belakang telinga, dan receiver yang diimplan di bawah kulit dekat telinga. Implan tersebut tidak mengganggu kegiatan sehari-hari, bahkan dapat digunakan untuk berenang.

Setelah prosedur dilakukan, terapi yang signifikan seringkali dibutuhkan, untuk membiasakan sensasi pendengaran tersebut. Terapi wicara dan pendengaran seringkali dibutuhkan dalam terapi ini.

Apakah Anda membutuhkan Implant Koklea?

Selama Anda tidak memiliki gangguan pendengaran berat, Anda cukup menggunakan alat bantu dengar biasa. Konsultasi ke dokter THT jika Anda tidak yakin. Implant koklea merupakan teknologi hebat yang dapat membantu pendengaran bagi orang-orang dengan fungsi pendengaran sedikit bahkan yang tidak memiliki pendengaran sama sekali, dan dapat membantu komunikasi mereka dengan teman atau keluarga sehari-hari.

Oleh: dr. Cerellia Clarissa