Apakah Rutin Membilas Hidung Dengan Cairan Infus Dapat Mencegah Infeksi Covid-19?

20 Jul 2020 | COVID-19 | Olahraga dan Gaya Hidup Sehat | Infeksi | Telinga, Hidung, dan Tenggorokan (THT)

Berbagai cara dilakukan untuk menghindari infeksi covid-19 dan berbagai mitos juga tersebar terutama melalui grup Whatsapp. Bahayanya adalah beberapa trik yang disebarkan tidak disaring terlebih dahulu oleh yang mengirimkannya dan banyak orang yang “termakan” hoax tersebut dan kemudian membagikan “kabar baik” tersebut ke orang lain. Oleh karena itu kita patut lebih ketat dalam menerima informasi terutama bila sumbernya tidak jelas.

Salah satu hal yang sering direkomendasikan adalah untuk membilas hidung dengan cairan infus atau cairan salin (larutan garam). Pembilasan hidung dengan menggunakan larutan garam, dapat bermanfaat bagi mereka yang alergi dan mempunyai penyakit sinusitis. Cara ini dilakukan untuk melembabkan hidung sambil mengeluarkan alergen dan lendir dari hidung. Bagi mereka yang telah menjalani operasi sinus, hal ini membantu untuk membersihkan sisa-sisa pasca operasi. Untuk pasien dengan kondisi peradangan seperti sinusitis atau rhinitis, steroid atau antibiotik juga dapat dicampur ke dalam larutan pembilas.

Namun apakah dengan rutin membilas hidung dengan cairan infus atau larutan garam dapat membantu mencegah infeksi covid-19? Ternyata belum ada bukti yang mendukung hal ini. Ada beberapa bukti yang terbatas bahwa mencuci hidung dengan larutan garam secara teratur dapat membantu orang pulih lebih cepat dari flu (common cold). Namun, membilas hidung secara teratur belum terbukti dapat mencegah infeksi pernapasan.

Hal lain yang sering muncul sebagai perdebatan adalah adanya informasi bahwa berkumur-kumur dengan air garam dapat mematikan virus covid-19. Tentunya hal ini sama seperti dengan bilas hidung dengan larutan garam, kebenarannya perlu dipertanyakan dan belum ada bukti bahwa hal tersebut efektif.

Hal yang dapat kita lakukan dan terbukti efektifitasnya adalah rajin mencuci tangan dengan sabun terutama setelah menyentuh benda-benda yang sering disentuh orang lain seperti gagang pintu. Jangan menyentuh mata, hidung, atau mulut sebelum mencuci tangan dengan sabun. Hal ini dapat menjadi sumber penularan covid-19. Bila tidak ada tempat cuci tangan yang tersedia, selalu persiapkan hand sanitizer sebagai alternatif.

Oleh: dr. Marco Ariono