Apakah Penderita Hipertensi Boleh Menyelam?

22 Dec 2021 | Olahraga dan Gaya Hidup Sehat | Jantung dan Pembuluh Darah

 

Menyelam tentunya adalah suatau kegiatan yang sangat menyenangkan. Melihat keindahan alam bawah laut, apalagi di spot menyelam yang bagus, kita akan disuguhi keindahan lautan yang luar biasa, yang bisa kita lihat secara langsung.

Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, adalah salah satu kondisi medis paling umum yang terlihat pada populasi penyelam. Hal ini tidak mengherankan, karena merupakan kondisi medis yang umum di masyarakat. Kriteria ketat untuk hipertensi dapat bervariasi tergantung pada referensi yang dikutip, tetapi tekanan darah normal secara umum diterima sebagai tekanan sistolik di bawah 140 dan tekanan diastolik di bawah 90 mm Hg.

Memiliki tekanan darah tinggi membuat risiko lebih tinggi saat menyelam. Ini adalah faktor risiko utama untuk mengalami serangan jantung atau stroke, yang keduanya bisa berakibat fatal di bawah air. Seiring waktu, tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah di dalam tubuh, dan otot jantung itu sendiri.

Pembuluh darah kecil di mata dan ginjal juga bisa rusak. Anda mungkin lulus penyelaman oleh dokter jika tekanan darah Anda terkontrol dengan baik, kesehatan Anda secara keseluruhan baik, dan tidak ada bukti adanya kerusakan jantung, ginjal atau mata.

Orang dengan hipertensi terkontrol, yaitu tekanan darah dibawah 140/90 mmHg, tanpa gejala, faktor resiko dan penyakit kronis lainnya layak untuk dapat melakukan penyelaman. Namun bila ada suatu faktor risiko seperti gaya hidup sedenter, penyakit kardiovaskular, gangguan ginjal, atau riwayat stroke, maka perlu rujukan dan penanganan terlebih dahulu oleh dokter spesialis.

Bila orang tersebut memiliki riwayat darah tinggi yang tidak terkontrol, yaitu tekanan darah di atas 140/90 mmHg dan ada gejala lainnnya, maka harus dilakukan rujukan dan penanganan terlebih dahulu oleh dokter spesialis. Setelah melalui penanganan dokter spesialis, melalui pedoman-pedoman yang ada, maka bila tekanan darah dapat dikontrol di bawah 140/90 mmHg, dapat dinyatakan aman. Jika setelah pengobatan tekanan darah berkisar antara 140-159/90-99 mmHg maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyelaman yaitu larangan untuk menyelam di air dingin dan kedalaman maksimal 30 meter. Namun bila tekanan darah tetap tinggi, di atas 160/100 mmHg, maka penyelaman dilarang.

 

 

Oleh: dr. Marco Ariono