Apa yang Harus Dilakukan Setelah Operasi CABG?

19 Jun 2020 | Olahraga dan Gaya Hidup Sehat | Jantung dan Pembuluh Darah | Bedah

Masa pemulihan setelah operasi CABG (Coronary Artery Bypass Graft) merupakan masa-masa penting yang harus diperhatikan. Setelah operasi, anda akan dirawat dalam ruang perawatan ICCU (Intensive Care Cardiac Unit). Ruang perawatan ini adalah ruang perawatan khusus yang dijaga serta dimonitor ketat oleh perawat dan dokter khusus selama 24 jam. Karena selama operasi paru-paru anda sempat diberhentikan, maka ventilator (alat bantu napas) akan tetap dipasangkan sampai paru-paru anda dapat berfungsi kembali tanpa bantuan, hal ini akan berlangsung selama kurang lebih 7 jam bergantung pada kondisi paru dan situasi operasi Anda. Setelah ventilator dapat dilepas, Anda akan menjalani fisioterapi untuk pengembangan paru agar dapat sempurna kembali selama kurang lebih 1 minggu.

Setelah anda dapat terlepas dari ventilator, anda akan tetap diobservasi di ruang ICCU selama kurang lebih 2-3 hari kemudian anda akan dirawat di ruang perawatan biasa. Selama di ruang perawatan biasa, anda akan dimonitor untuk menjaga kestabilan luka bekas operasi, sistem jantung-paru serta pembuluh darah anda melalui obat-obatan dan pemeriksaan laboratorium. Masa perawatan di ruang perawatan tersebut berlangsung selama kurang lebih 4-5 hari, kemudian bila tidak terjadi hal yang tidak diinginkan anda dapat menjalani rawat jalan.

Bila Anda menjalani open CABG, selama perawatan anda harus memeluk bantal yang besar saat batuk. Hal tersebut dilakukan karena tulang dada anda yang belum seutuhnya menyatu kembali dapat bergerak saat batuk, sehingga anda perlu memeluk bantal besar untuk membantu menstabilkannya. Selain itu, anda juga harus mengurangi aktivitas-aktivitas berat yang mengakibatkan pergerakan pada dada seperti mengangkat/ menarik/ mendorong benda berbeban berat (± 4.5 kg), berolahraga yang menggerakkan otot dada, mengendarai motor, dan sebagainya. Kegiatan tersebut tidak boleh dilakukan selama kurang lebih 3 bulan. Setelah itu anda boleh mulai beraktivitas ringan sampai sedang, kemudian setelah lebih dari 6 bulan anda baru dapat beraktivitas berat kembali.

Pada dasarnya pemulihan pasca operasi selain dibantu oleh obat-obatan dan fisioterapi, secara keseluruhan juga bergantung pada anda sendiri dalam menjaga kesehatan dan menjalankan instruksi dokter. Mengurangi aktivitas bukan berarti hanya berbaring saja di tempat tidur, anda juga tetap harus melakukan olahraga setiap harinya untuk mempercepat pemulihan! Olahraga yang diperbolehkan ialah berjalan selama ± 30 menit – 1 jam setiap harinya. Otot dan tubuh yang terangsang dengan berjalan tersebut akan mempercepat pemulihan pasca operasi. Selain itu, anda juga tetap harus menjaga diet anda sehari-hari sesuai dengan anjuran dokter jantung agar pembuluh darah yang baru tidak tersumbat lagi. Jangan lupa untuk rajin kontrol ke dokter sampai kondisi anda pulih kembali. Ingatlah bahwa sikap dan kebiasaan yang sehat akan menghasilkan badan yang sehat pula!

Oleh: dr. Lisca Namretta